Pages

Sunday, February 15, 2015

Tips Menulis

Menulis merupakan kegiatan yang sangat pribadi sifatnya. What works for one might not work for another. Kadang perlu uji coba untuk memastikan apa yang dapat menggugahmu untuk menulis.

Disini, saya akan berbagi sedikit tips menulis yang sesuai bagi diri saya. Semoga ini juga sesuai untuk kamu juga. Kalau sekiranya kamu punya tips lain, jangan lupa share, ya!



  • Lakukan menulis sebagai ritual. Lakukanlah persiapan sehingga proses menulis terasa istimewa dan ngangenin. Kalau saya, awali dengan niat, bismillah, deselingi nyanyian. chat dengan teman, juga tak lengkap kalau tidak ditemani dengan beberapa camilan kecil dan teh hangat. Atau dengan air putih saja pun cuku.
  • Asahlah selalu kemampuanmu. Bagaimana? Enggak selalu harus terus menulis setiap saat. Mulai saja dengan apa-apa yang telah kamu alami. Rentetan peristiwa yang telah kamu alami dapat berpotensi menghasilkan sebuah cerita, loh. Jadi lebih baik perkaya aktivitasmu.
  • Kenali dirimu dan ketahuilah kekuatanmu. Intinya sederhana saja. Kenali dirimu seperti apa. Ada penulis yang cocok untuk menulis berbagai macam karya seperti novel, cerpen, puisi dan lain-lain. Tapi jika kamu mudah bosan, kamu bisa memulainya dengan menulis puisi atau barangkali flash fiction.
  • Manfaatkan fasilitas yang ada! Sekarang adalah zaman dimana arus globalisasi sudah kian pesat perkembangannya. Gunakan semua fasilitas yang ada untuk menulis. Kamu tidak hanya bisa menulis dengan pulpen tuamu di atas secarik kertas lusuh. Tapi berkat teknologi, kamu bisa menulisnya di note yang berada di gadget yang kamu punya. Atau dengan mempostingnya di media sosial seperti twitter, facebook, dan lain lain. Itu juga dapat melatihmu untuk menulis secara singkat namun padat/
  • Perbanyak membaca dan latihan menulis untuk meningkatkan kemampuan yang sudah kamu miliki.
  • Banyaklah bertanya. Dengan banyak bertanya, banyak sekali informasi penting yang bisa kamu ambil sebagai sumber referensi untuk tulisan kamu.
  • Cobalah hal-hal baru. Eksplor hidupmu untuk memperkaya pengalamanmu. Lakukan hal-hal menarik yang membuatmu senang dan inspirasi akan datang dengan sendirinya.
  • Bercerita mengenai proses penulisanmu pada orang lain? Boleh saja. Tapi hindari hal-hal yang dapat menjadi bumerang untukmu dan karyamu. Hindari topik berbagi ide kecuali memang orang yang kamu ceritakan adalah orang yang benar-benar kamu percaya.
Jadi kesimpulanya adalah, apa yang penting dalam menulis?
Yang pertama itu adalah NIAT, keinginan untuk bekerja keras, sifat tidak mau patah semangat, mampu memotivasi diri sendiri, latihan, dan positif menangapi kritikan. Terkadang memang kritikan pembaca ada yang berisi caci maki atau celaan, tapi tak usah dihiraukan. Jadikan itu salah satu pendorongmu untuk tetap menulis dan menghasilkan karya yang lebih baik lagi bukan sebagai penghambat dalam berkarya.


cr: How to be a writer - Primadonna Angela, Kompas Gramedia, 2012

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

SpongeBob 3

About